Gara-gara Osekkai!

Hmm gara-gara ngebahas tentang “Sewa” dengan neechan Imelda tadi pagi, saya jadi tergelitik menanyakan apa sih padanan kata untuk “Iseng” dalam bahasa Jepang. Karena terus terang kedua kata ini sempat menimbulkan kesalah pahaman ketika saya di Jepang.

Ternyata bahasa Jepang untuk “Iseng” (menurut neechan imelda) adalah “Itazura”. Okeh, saya setuju. “Itazura” juga berarti “Nakal” (bener nggak sih?^^). Hmm… kalau “Nakal” kesannya gimanaaa gitu ya? hehhe

Sedangkan insiden yang berhubungan dengan kedua kata ini terjadi ketika saya sedang berada di Jepang bulan Maret yang lalu.

Ceritanya saya diajak berkunjung ke rumah salah satu temannya si “Mas N”. Setelah makan malam yang cukup mengenyangkan, kami berempat mulai mengobrol. Mas N, bercerita tentang keusilannya di Hasshoku Senta (Hachinohe Food Centre).

Di tengah-tengah obrolan, saya sibuk mencari padanan kata “Usil” di kamus saku saya di bagian Indonesia-Jepang (selama di Jepang, saya kemana-kemana selalu bawa kamus pocket, cukup membantu hehe), kemudian nyeletuk “Osekkai” (dengan tampang tidak bersalah) yang di dalam kamus berarti “Usil”.  Mas N yg tadinya ketawa-ketawa langsung diam.

Dia tanya,”Me? Osekkai?”

Saya dengan tersenyum sambil mengangguk “Un!” (sambil nunjuk kata yang dimaksud dengan mantab).

Dia balik tanya lagi, “lho, kamu kenapa marah sih?aku nggak ngerti” (dlm bhs Inggris)

Ha? saya langsung melongo. Lho…kok jadi gini? saya nggak marah n tambah nggak ngerti. Temannya yang di depan saya juga ikutan melongo (temannya ini tidak mengerti bahasa Inggris).

Ketika balik mencari dan menemukan kata “Osekkai” di bagian Jepang-Indonesia yang artinya “usil atau suka mencampuri urusan orang lain” saya langsung panik. Waduh! bukan itu maksud saya.

Dia kelihatan rada bete karena saya mengatakan hal itu di depan temannya (waa panik panik…)

Akhirnya saya menunjuk kata “Itazura” untuk menjelaskan bahwa ini maksud saya. Dia bilang dia mengerti maksud saya. Dia bilang untung dia ngerti bahasa Inggris jadi bisa mengerti penjelasan saya.

“Tapi kalo kamu bilang “Osekkai” ke orang Jepang lainnya yang nggak ngerti bahasa Inggris, mereka bisa sakit hati lho”

Yaiks!o_O;

Akhirnya kesalahpahaman ini dia jelaskan pada temannya (bisa dibilang membela diri sih) bahwa bukan maksud saya kasih komen seperti itu.

Sotoy? iya. Malu? nggak usah ditanya lagi deh (pengen rasanya gali lubang & masuk ke dalamnya, terus nggak keluar keluar lagi).

Dari neechan Imelda juga saya mendapat penjelasan bahwa “Osekkai” juga berarti cerewet (kata sifat) yang biasanya dialamatkan pada wanita. Kalau mau bilang cerewet lebih baik pakai “Urusai”.

Ampuooonnn, pantes dia buete buanget!

Habis saya gemes liat kelakuannya yang memang super iseng. Gimana nggak ? Masa ada bapak-bapak yang pakai wig (rambut palsu) dikomentari, “eh, ada Alien tuh!”

Hayo, kalau bukan iseng, apa coba namanya?

Oalah Osekkai… Osekkai…^^;

-witcha-

NB. sampai sekarang kalau membahas kejadian ini dia cuma komen “baka jisho” = kamus bego, karena gara-gara kamus ini kami berdua hampir bertengkar haha ^^;

Inilah si baka jisho

Inilah si baka jisho

7 thoughts on “Gara-gara Osekkai!

    • heuheuheu pelajaran klo lain kali mau ngomong hrs diliat2 dulu neechan, tp kelamaan klo tiap kali hrs liat kamus klo mau ngomong heuheuheue

  1. witchaaaa..ohayouu..huhu baru baca2 blog kamu nih,,
    Duhh pasti muka kamu langsung kayak kepiting rebus yakk,,heheeh

    eh btw kamus nya sama kyk punya ku,,tapi skrg udh ntah kemana gara2 banjir,,hahahhah

    • ohayou~pagi bener jeng😀

      kepiting rebus sih nggak, tp maunya sih ya itu….seandainya ada garuda indonesia lewat langsung naek n pulang n gk balik2 lg. Tengsin abis! xD~

      waaah, ilang krn banjir? *mbayangin kamus gakushudo ngapung2 di kali*

  2. Pingback: Atasi Phobia-mu! « Doppelganger is here

Leave a Reply

