My International Friend

Teman Internasional, jika diterjemahkan secara harfiah mungkin itulah arti judul postingan kali ini. Teman internasional biasa diartikan teman yang berasal dari negara lain.

Mungkin sebagian dari kita memiliki teman seperti ini, entah mungkin satu sekolah (buat yang sekolah di International School), atau mungkin rekan kerja,  atau melalui dunia maya.

Punya kawan dari luar negeri mungkin akan membuat sebagian kita merasa keren. Alasannya? mungkin karena kita dianggap punya kemampuan lebih dalam berkomunikasi, karena mereka orang asing yang memiliki bahasa yang berbeda dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari, dan juga latar belakang budaya yang berbeda.

Buat saya, memiliki kawan asing, yah lebih mengarah pada kata “menyenangkan”, tapi pada dasarnya saya suka berteman dari siapapun (bukan hanya orang asing saja lho). Hanya saja, berteman dengan orang asing memberi kesempatan bagi kita untuk mengetahui hal-hal baru diluar masyarakat kita, seperti budaya, bahasa, cara pandang dan masih banyak lagi.

Mungkin hal itulah yang dirasakan oleh para siswa sekolah dasar ini. Saya bertemu mereka ketika sedang berkunjung ke Kuil Asakusa di Tokyo, pada bulan Maret yang lalu. Awalnya saya memang melihat ada begitu banyak siswa siswi sekolah dasar yang berseliweran di sana sini.  Saya pikir mereka sedang berdharma wisata.

Tetapi kemudian saya melihat beberapa dari mereka membawa papan dengan sebuah kertas yang bergambar peta dunia. Beberapa kali saya beradu pandang dengan anak-anak ini. Ketika melihat saya, mereka kemudian berbisik-bisik pada temannya. Saya hanya tersenyum.

Kemudian empat orang dari mereka (seingat saya lho) dan seorang wanita muda yang ternyata guru mereka mendatangi saya. SI ibu guru ini menjelaskan pada nanonano chan (yang kemudian dijelaskannya pada saya) bahwa siswa siswi sedang dalam kegiatan mengumpulkan teman-temang orang asing yang ada di kuil tersebut.

Foto bersama siswa siswi SD di Asakusa

Foto bersama siswa siswi SD di Asakusa

Anak-anak ini diharuskan berkenalan dengan orang asing dengan bahasa inggris dan menanyakan dari mana negara mana. Orang asing yang ditanya akan dipersilahkan menempelkan sebuah bulatan berwarna merah di peta dunia yang teragantung di dada salah seorang siswa. bulatan merah itu akan menunjukan letak negara asal dari si orang asing ini.

Setelah diberi penjelasan bahwa saya bersedia bercakap-cakap dengan mereka, para siswa ini kemudian berjejer di depan saya dan satu per satu mulai memperkenalkan diri.

“Hello, my name is ….. (heheh saya lupa namanya) What is your name?”

lalu saya jawab dengan nama saya.

Kemudian, salah seorang siswa wanita menyikut temannya supaya menanyakan dari mana asal saya sembari memberikan stiker bulatan kecil berwarna merah tersebut. (lucu banget lhooo anak-anak ini)

Saya kemudian menjawab sambil menempelkan bulatan merah tersebut di peta pulau Jawa.

“I’m from Jakarta, Indonesia”, jawab saya yang kemudian diikuti dengan “Whoaaaa, Indonesia!” oleh para siswa tersebut.

Mereka kemudian mengakhirir sesi tanya jawab yang singkat tersebut dengan mengucapkan “thank you very much for being my international friend. It is nice talking with you”

Saya kemudian diberi souvenir berupa origami yang berbentuk shuriken yang terbuat dari kertas. Nanonanochan pun kebagian shuriken tapi ukurannya lebih kecil dari punya saya. Tapi akhirnya toh, saya menyimpan dua shuriken ini di dalam dompet sampai sekarang.

souvenir Shuriken (yang kecil buat si nanonano, yg besar untuk saya)

souvenir Shuriken (yang kecil buat si nanonano, yg besar untuk saya)

5 thoughts on “My International Friend

  1. Pingback: Negeri Matahari dari Timur « Doppelganger is here

Leave a Reply

