Lidah Sapi Bakar

Note: Postingan berikut akan dibuat berseri. Menceritakan perjalanan saya ke Jepang tepat setahun yang lalu. Untuk membacanya, harap set tanggalan anda, mundur ke tahun 2009. Hehehe.

22 Maret 2009

Inilah yang khas dari Sendai: Gyuutan! masakan ini terbuat dari lidah sapi panggang. Kata Gyuutan merupakan kombinasi dari kata “Gyuu” (牛) yang dalam bahasa Jepang artinya sapi, dan kata “tan berasal dari kata “tongue” (lidah) dari bahasa Inggris. Sejak Gyuutan secara harfiah berarti lidah sapi maka istilah ini pun dipakai untuk menyebut lidah sapi secara umum di Jepang.

Cara penyajian Gyuutan, aslinya berasal  dari Sendai. Biasanya disajikan dengan nasi yang dicampur dengan bayleaf, sup buntut dan acar. Kemunculan Gyuutan diketahui pertama kali pada tahun 1948 oleh Seno Keishiro. Pada waktu itu lidah sapi merupakan masakan ala barat, kemudian  beliau yang memiliki restoran yakitori mulai meracik penyajian lidah sapi. Sejak saat itu hidangan Gyuutan menjadi sangat populer di Jepang.  Dan, restoran yang bernama Tasuke ini, sampai sekarang masih dianggap yang terbaik dalam memasak Gyuutan.

Saya tidak bertandang ke Tasuke, lagipula saya tidak tahu Tasuke itu letaknya dimana. Kami makan di sebuah restoran kecil, dan langsung memesan Gyuutan sebagai makan siang kami. Udara sangat dingin, jadi lidah sapi panggang dan nasi hangat dan sup rasanya cukup membuat diam cacing-cacing di perut saya.

Dan inilah Gyuutan! Rasanya enak sekali, gurih dan lembuthttp://www.emocutez.com. Ditambah sup yang segar. Waah, nikmat sekali (memang kalau sedang lapar, apa saja juga terasa enak ).

http://www.emocutez.com

Setelah makan kami berjalan menuju stasiun dan menyempatkan untuk mampir ke Loft, sebuah department store. Di sana saya menemukan cd berisi koleksi musik orgel. Waaaa, saya sudah lama mencari-cari ini di internet. Hihihi lucky!http://www.emocutez.com Tapi Nano nano chan bilang musik orgel Cuma bikin tambah ngantuk.~ >_<~

Selamat tinggal Sendai!

http://www.emocutez.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s