Megahnya Zenkouji

2 April 2009

Sambungan dari postingan sebelumnya tentang Zenkoji…

Sambil memandang sekeliling dan menghirup udara segar, saya membatin, uwaaah, megah sekali kuil ini! Tidak sia-sia saya harus mendaki gunung demi melihatnya.

Bangunan pertama yang saya jumpai adalah kyouzo (sutra repository) yaitu tempat untuk menyimpan kitab sutra. Di dalamnya ada benda berbentuk silinder segi delapan yang dapat berputar. Benda ini adalah salah satu aset budaya yang sangat penting, tetapi sayang ternyata saat ini sudah tidak bisa berputar lagi, begitu kata pemandu wisata yang ada di dalam. Keluar dari Kyouzo, saya menemukan beberapa pemandangan dan bangunan lain yang tidak kalah menariknya.

Keluar dari gerbang utama, akhirnya terlihat deretan toko souvenir. Karena waktu saya tidak banyak, maka harus mencari souvenir dahulu sebelum masuk ke dalam kuil utama. Rata-rata menjual gantungan kunci dan makanan. Karena ragu tidak dapat membayar dengan kartu kredit, maka saya memutuskan untuk pergi ke toko yang lebih besar. Di sini saya melihat berbagai makanan yang menggiurkan. Setelah diberi tahu yang menjadi favorit pengunjung, akhirnya saya membeli 2 bungkus Oshiruko, saya berniat memberi satu untuk Ume.

Dari toko souvenir, saya berjalan kembali menuju kuil utama. Memasuki kuil utama, saya langsung ketemu dengan sebuah patung Binzuru. Patung ini dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit jika kita mengusap bagian-bagian badan patung tersebut dimana bagian yang diusap itu sama dengan bagian yang sakit dengan tubuh kita. Misalnya jika kepala kita sakit, maka yang diusap adalah bagian kepala si binzuru ini, jika kaki yang sakit, maka usaplah bagian kaki si binzuru.

Banyak orang-orang yang mengusap-usap patung ini. Kaki, tangan, kepala, muka. Ikutan gak? Saya sih tidak percaya, tetapi sekedar iseng saja, saya mengusap bagian dada sebelah kiri, harapannya? Semoga hati saya yang sakit ini lekas sembuh ;p hehehe

Patung Buddha Rahasia

Ada satu hal yang dibicarakan oleh Nanonanochan menyangkut Zenkouji, dan juga alasan mengapa dia kekeuh mengatakan bahwa saya harus berkunjung ke sini, yaitu patung buddha tersembunyi. Konon patung Buddha ini adalah yang pertama di jepang dan menjadi penyebab pertempuran antara Uesugi Kenshin dan Takeda Shingen. Patung ini lalu dibuang ke kanal, namun berhasil diselamatkan oleh seorang pria bernama Yoshimitsu Honda. Kuil ini kemudian disemayamkan di dalam kuil yang kemudian diberi nama Zenkou yang merupakan nama china dari Yoshimitsu.

Nah, sejak saat itu, wujud asli patung ini tidak pernah terlihat lagi di hadapan publik dan dikenal dengan nama hibutsu (the secret buddha). Patung yang asli tersembunyi di suatu tempat di ruang bawah tanah di kuil utama yaitu Zenkouji, dan tidak boleh diperlihatkan pada siapapun termasuk kepala pendeta kuil tersebut.

Namun, masyarakat umum masih dapat melihat replikanya yang tampil setiap enam tahun sekali ketika musim semi. Festival ini disebut Gokaicho dimana replika patung (Maedachi Honzon) akan ditampilkan di hadapan publik. Pada 2009, festival ini diadakan karena tepat tahun ke-tujuh dari festival terakhir. Sayang sekali, festival kali ini jatuh pada tanggal 5 April, dimana pada saat itu, saya sedang berada di atas pesawat pulang menuju Jakarta. Tapi tidak apa, mungkin tujuh tahun lagi, saya bisa kembali mengunjungi Zenkouji.

One thought on “Megahnya Zenkouji

Leave a Reply

