Sulih Suara, Riwayatmu Kini

Seorang dubber sedang ambil suara untuk sulih suara sebuah film

Setelah cerita jadi Turis Guide Dadakan, sekarang waktunya saya cerita tentang hasil liputan saya kemarin. Sebenarnya ini masih mentah karena artikel yang sebenarnya masih akan terbit hari Senin (18/4) nanti. Jadi ini cuma sekilas apa yang saya lihat selama seharian kemarin.

Dubber atau voice actor. Profesi yang unik dan nggak biasa, menurut saya. Dulu di era 90an, profesi ini sangat booming, dan tidak sedikit orang (termasuk saya) yang ingin menggeluti dunia sulih suara ini. Tentu banyak yang masih ingat kan dengan Maria Mercedes, Rosalinda, Maria Cinta Yang Hilang dan segudang telenovela yang sempat menghiasi layar kaca baik pagi hingga sore hari. Belum lagi serial drama radio. Semua itu berhubungan dengan dunia sulih suara.

Setelah beberapa tahun, akhirnya saya mendapat kesempatan untuk bertemu voice actor sungguhan. Berawal dari jadwal artikel laporan khusus saya yang jatuh pada hari Senin (18/4) nanti yang bertema profesi/geografi (negara/kota). Karena, sudah lama tertarik dengan sulih suara maka saya mengganti tema saya yang semula akan menulis tentang Fukushima dengan  profesi unik ini.

Awalnya saya mendapat informasi tentang sanggar ini dari mbah google. Segala keyword yg berhubungan dengan dubber selalu bertaut dengan nama Sanggar Prathivi.

Studio Sulih Suara Tertua

Sanggar Prathivi, Ini apa sih? Buat yang tidak tahu, Sanggar Prathivi itu adalah studio sulih suara pertama dan tertua di Jakarta (berdiri tahun 1971). Banyak aktor suara /voice actor (dubber) kawakan yang lahir di sini, sebut saja Ferry Fadli (dulu mengisi suara untuk drama radio sebagai Brama Kumbara, lalu mengisi suara untuk beberapa telenovela) dan Maria Oentoe yang hingga hari ini suaranya masih bisa didengar di setiap bioskop 21 atau XXI ketika pintu theater mulai dibuka.

Produksi sulih suara sebuah film

Selain menerima pesanan sulih suara untuk program tv dan iklan, studio ini juga menyediakan kursus bagi mereka yang ingin mencoba dunia sulih suara. Ada berbagai materi yang diajarkan di sini antara lain kelas akting, olah vokal, drama, penghayatan, tehnik miking, dan pelatihan mental. Menurut pak Herman Wijaya, seorang voice actor senior, satu poin yang harus dimiliki oleh seorang voice actor adalah mental. Yang dimaksud adalah keberanian untuk merubah suara ke berbagai macam warna. Karena, ini adalah modal utama seorang voice actor. Semakin banyak warna suara yang dimiliki, semakin tinggi harga jualnya.

“Seorang voice actor harus memiliki kemauan belajar yang tinggi, karena dengan belajar secara kontinyu maka perbendaharaan suaranya akan semakin berwarna,” tambah pak Herman yang merupakan satu-satunya pengisi suara tokoh Disney, Goofy di Indonesia.

Sulih Suara Masa Kini

Era 90an, dunia sulih suara memang sangat populer. Sebagai satu-satunya studio sulih suara tertua, Sanggar Prathivi juga merasakan masa-masa emas tersebut. Namun, saat televisi swasta mulai meluas dan program-program tv mulai dirambah oleh sinema elektronik, permintaan jasa untuk sulih suara mulai menurun. Selain itu, belakangan ini sudah banyak bermunculan studio-studio modern dengan produk sulih suara yang tidak kalah cepat dan modern.

Namun, untuk kualitas sulih suaranya belum bisa dipastikan bagus. Kualitas yang dimaksud adalah masalah penghayatan. Seorang voice actor sejatinya tidak boleh asal saja dalam mendubbing sebuah peran. Ia perlu menghayati peran layaknya aktor yang tampil di atas panggung theater ataupun film sungguhan. Namun, terkadang ada yang demi mengejar kuantitas maka kualitas diabaikan. Di sinilah peran sekolah atau talent scouting dibutuhkan untuk mencetak para voice actor yang berkualitas.

Program Director mengarahkan seorang dubber untuk lebih menjiwai

Program kursus voice acting di Sanggar Prathivi ini berlangsung sekitar 3 bulan dengan materi-materi yang sebagian sudah disebutkan di atas. Pertemuan diadakan seminggu sekali setiap hari Sabtu jam 10 pagi sampai 5 sore. Selama kursus, peserta didik tidak hanya diberi pengetahuan teori tetapi juga praktek.

Bahkan, jika memang memiliki bakat dan suara yang bagus, tidak jarang mereka akan diajak untuk ikut penyulihan suara sungguhan. Karena, sekolah ini juga berperan sebagai talent scouting bagi para voice actor yang berbakat. Setelah 3 bulan, peserta dibebaskan untuk memilih apakah itu mencari ‘proyek’ sulih suara sendiri atau lanjut berlatih sambil mencari pengalaman di sanggar ini.

Jika berminat menjadi voice actor, bisa menghubungi Sanggar Prativi di Jalan Pasar Baru No. 23, Jakarta Pusat dengan telepon 021-3812365.

Ada berbagai macam voice actor di sini, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Jangan pernah malu untuk belajar karena belajar tidak mengenal batas usia🙂. Yang penting adalah semangat dan kemauan untuk belajar.

12 thoughts on “Sulih Suara, Riwayatmu Kini

  1. Wih, keren.. saya juga kepengen jadi dubber, soalnya kadang suka kesel dengan dubber2 yang ada yang ekspresi suaranya ga pas dengan ekspresi mukanya aktor film, hehehe.. tapi pasti ga mudah ya jadi dubber😉

  2. Ada yang salah dalam profilnya. Sanggar Prathivi berdiri tahun 1965, bukan 1970.

    Namun saat ini Sanggar Prathivi sedang di ambang maut. Akibat masalah manajemen, Sanggar Prathivi sudah dibekukan aktivitasnya sejak 26 April 2011 lalu.

    Karena itu mohon dukung dan selamatkan Sanggar Prathivi dengan mengirimkan surel ke alamat sanggar_prathivi [at] yahoo [dot] com. Kirimkan surat anda dengan nama, alamat Facebook, alamat surel (e-mail), dan kritik/saran maupun dukungan Anda. Dukungan juga dapat dilayangkan melalui SMS ke nomor 089636211647. Dukungan teman-teman sangat berarti bagi kelangsungan Sanggar yang bersejarah ini. Terima kasih.

    • Terima kasih atas komentarnya, maaf jika saya salah tetapi informasi ttg sanggar semua saya peroleh dari Bapak Joko selaku kepala studio yang saya wawancara langsung. Saya juga menyayangkan jika sanggar ini tutup mengingat ada begitu banyak pengisi suara berkualitas yang lahir dari sini.

      Salam

      EPS

  3. Wah sis..ku jg dah lama pngen jd dubber tp binun ga tau tempat2 khursusnya atau menghubungi siapa gitu…atau ikut dlm komunitasnya. Mau donk sis..bila punya info tempat khursusnya selain Sanggar Prathivi…atau hub. siapa gitu…utk bisa aktif sbg voice talent and masuk dlm komunitasnya… Terima kasih sblmnya ya sis…

  4. sy mau nanya nih, untuk sekarang sanggar sulih suara seperti prathivi yang masih menerima murid yang dimana ya??? thank’s!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s