Aku dan Beya

Hmm…apa sih beya beya terus? Hehe buat orang yang baca postingan sebelum ini, mungkin bertanya-tanya apa sih beya ini? Terutama buat Mbak Krismariana, semoga penyebab kegelian karena mendengar nama Beya bisa terjawab dengan tulisan ini.

Aku dan Riku, Si Beya

Semuanya berawal dari dua tahun silam, sekitar musim panas (tsah! Kemarau kali) pada bulan Juli tahun 2009. Waktu itu neechan Imelda seperti biasa mudik ke Indonesia. Tentu saja bersama kedua bouya-nya, Riku (masih 6 tahun) dan Kai ( 2 tahun). Karena saya jatuh hati sama Kai yang lucu waktu pertama kali ketemu langsung di Tokyo pada bulan Maret tahun yang sama, maka saya menawarkan diri buat jd babysitternya Kai karena waktu itu neechan Imelda harus pergi ke Bandung untuk suatu urusan.

Waktu itu Riku masih lucu dan imut-imut (sekarang masih imut-imut tapi sudah lebih dewasa :)) dan Kai gembeng bukan main. Saya lebih baik nonton film horor daripada ngadepin anak nangis. Pokoknya mama Imelda harus ada dalam jarak pandang Kai, kalau nggak, hmmph… tanggung sendiri akibatnya ehhehe. http://www.emocutez.com
Suatu hari kami mau siap-siap berangkat ke Kebun Binatang Ragunan. Neechan sibuk menyiapkan kebutuhan Kai lalu tiba-tiba, Riku tiba-tiba kelabakan. “Tante, lihat bea aku nggak?” tanya Riku dengan bahasa Indonesia logat Jepang. Heh? Saya bingung, ini anak nyariin apa?.

“He? Bea? Bea apa?” tanya saya.

“Bea, bea aku” tanyanya lagi. Karena tidak mendapatkan jawaban dari saya, Riku lari ke dapur ke tempat si mbak lagi masak.

“Mbak, mbak, bea aku lihat nggak?” tanyanya lagi.

“Ha? Beha? Beha siapa, emang Riku punya beha?” jawab si mbak setengah ketawa+bingung.

Riku sedikit frustasi karena dia kesulitan menemukan kata untuk ‘bea” dalam bahasa Indonesia. Dia terus ngilang di balik pintu ruang tengah. Nggak lama dia balik lagi ke tempat saya duduk sambil ngubek-ngubek tumpukan mainan. Saya masih bertanya-tanya dalam hati, “Bea apaan sih?”. Tiba-tiba,

“Nah! Ini dia bea aku ketemu! Ini nih bea aku” kata Riku girang sambil nunjukkin si bea-nya itu. Oalaaah ternyata sodara-sodara, yang di maksud “Bea” itu tak lain dan tak bukan adalah Tedy Bear! Boneka mainan kesayangannya.

Ini lhoo si beya beya…
Riku dan ‘beya’-nya

“Oh, boneka beruang? Kirain bea, bea itu BH ,makanya aku bingung emangnya Riku punya beha? Hahah” cerita si mbak.

Hmm…memang lumrah bagi orang Jepang untuk melafalkan sebuah kata asing menurut bunyinya. Karena mereka tidak bisa menyebut “bear” seperti lazimnya dalam bahasa Inggris, tapi dilafalkan dengaan “Beya (ベーヤ = bear)”. Sama seperti mereka melafalkan “aisukurimu” (アイスクリム) untuk ice cream atau “Terebi (テレビ) untuk TV. Ini disebut dengan “Gairaigo(外来語)” atau kata pinjaman dari bahasa asing dalam bahasa Jepang. Sekedar info, karena merupakan kata serapan dalam bahasa asing, maka kata-kata gairaigo ditulis dengan menggunakan katakana.

Sejak kejadian inilah Riku saya juluki Si Beya hehehe. Saya, neechan Imelda dan si mbak yang waktu itu ada di ruangan itu jadi tertawa kegelian karena tingkahnya si riku. Hadeuhh beyaa, beyaa bikin geger aja.

http://www.emocutez.com

Natsu yasumi 2009 bersama bouyatachi🙂

6 thoughts on “Aku dan Beya

  1. hahhahaa jadi kangen liat foto-foto dan cerita masa lalu (duh baru juga lewat 2 th)
    anak-anak itu cepat besar ya…
    Kalau sekarang, mustinya Riku sudah tau Beruang deh hihihi

    EM

    • hehe iya nggak terasa, aku msh inget bgt waktu pertama kali gendong kai di apato-nya neechan. kai msh pake popok! 5 bln kemudian, kai dh bs keliling ragunan jalan kaki! wih aku msh inget dia dgn semangat naik tangga batu dari kandang macan. aku aja udah menggeh2 heheh. taun lalu, kai udah gk terlalu nangisan. dan taun ini kai sama riku sama2 menunjukkan kedewasaan mrk lwt caranya masing2…aku terkesan banget sama riku. bener2 kakak riku deh TOP BGT huhuhu i love watching both of them grow🙂 hiks…udah kangen lg deh…taun depan mrk berdua bakal kayak apa ya?

Leave a Reply

